Seleksi Calon Anggota DKD Jatim Pergantian Antar Waktu Tahun 2017
Dewan Kerja yang merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Kwartir, mempunyai peranan yang sangat penting untuk pembinaan dan pengembangan kaderisasi kepemimpinan masa depan Pramuka. Oleh karena itu, Dewan Kerja mempunyai tanggungjawab mengelola dan membantu Kwartir dalam menyusun kebijakan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega diwilayahnya.
Didalam kinerjanya, anggota DKD Jatim dijabat oleh Pramuka Penegak dan Pramuka Pandaga selama 5 Tahun. Periode DKD Jatim 2016-2020 dijabat oleh 17 orang dari berbagai daerah seluruh 38 cabang tersebar di daerah Jawa Timur. Namun dalam teknisnya, kami tidak bisa memungkiri anggota DKD Jatim dalam periode tahun 2017 ini terdapat yang berhalangan tetap, sehingga dibutuhkan dan akan diselenggarakan seleksi Pergantian Antar Waktu (PAW) untuk tahun ini.
Sebagaimana Surat Edaran Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur, seleksi akan dilaksanakan pada tanggal 28 & 29 Oktober 2017 di Kantor Kwarda Jatim Jalan Kertajaya Indah No. 77 A Surabaya. Informasi lebih lengkap dan tanya mengenai hal selski tersebut, kakak bisa menghubungi kak Shofwan (Sekretaris DKD Jatim) di ponsel 085784912057
Berikut persyaratan yang harus dipenuhi:
Setiap calon peserta seleksi, wajib memenuhi persyaratan berikut:
1. Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang aktif di gugusdepan sebagai peserta didik, dibuktikan dengan surat keterangan aktif dari Pembina Gugusdepan;
2. Minimal telah mencapi tingkatan Pramuka Penegak Bantara dibuktikan dengan fotocopy buku SKU;
3. Belum menikah dan berusia maksimal 23 tahun;
4. Setia kepada Pancasila dan UUD 1994;
5. Memahami UU RI nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka dan AD/ART Gerakan Pramuka;
6. Mampu berkomunikasi dengan baik, mempunyai integritas, kepribadian yang kuat, mandiri dan berprestasi;
7. Sehat Jasmani dan Rohani dibuktikan dengan Surat Keterangan Dokter;
8. Bebas dari Narkoba dan obat terlarang lainnya;
9. Mendapat rekomendasi dari Kwartir Cabang Gerakan Pramuka;
10. Mendapat ijin dari orang tua dibuktikan dengan Surat Ijin Orang Tua;
11. Membuat essay dengan topik “Peran Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam Pengabdian Masyarakat”;
12. Mengisi formulir pendaftaran dan isian singkat (terlampir);
13. Membawa sertifikat atau piagam kegiatan yang pernah diikuti, foto berwarna 3x4 berseragam pramuka sebanyak 3 lembar, dan fotocopy identitas diri (KTP/KTA);
PROSES PENDAFTARAN
1. Calon peserta mengkonfirmasi rencana keikutsertaan dalam seleksi kepada panitia pelaksana melalui nomor 085784912057 atas nama M. Shofwan Amrullah;
2. Calon peserta melengkapi dan mengirimkan dokumen persyaratan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
3. Calon peserta mengikuti proses seleksi dan hadir dilokasi selambat-lambatnya pukul 07.00 WIB.
PENGIRIMAN DOKUMEN
1. Dokumen yang dikirim dalam bentuk softfile, diantaranya:
a. Formulir Pendaftaran (terlampir);
b. Isian singkat (terlampir);
c. Essay “Peran Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam Pengabdian Masyarakat”;
d. Pas foto berwarna 3x4 berseragam pramuka sebanyak 3 lembar;
e. Serta seluruh persyaratan yang telah ditetapkan;
2. Dokumen softfile dikirim pada alamat email dkd_13@yahoo.com selambat-lambatnya tanggal 25 Oktober 2017 pukul 23.59 WIB.
3. Dokumen hardfile dimasukkan kedalam map berwarna merah dan diserahkan pada saat registrasi seleksi tanggal 28 Oktober 2017. Cantumkan nama, jenis kelamin dan golongan (penegak/ pandega) di halaman depan map.
Berkas-berkas pendukung dan informasi lebih lanjut kakak-kakak dapat mendownload file Edaran No 462 Seleksi Calon DKD PAW 2017.
assalamuallaikum kak
ReplyDeletesalam pramuka
saya berencana mengikuti seleksi DKD nah di persyaratannya harus ada bukti sertifikat mengikuti LDK sedangkan setiap LDK yang di adakan oleh sekolah saya tidak pernah membuat sertifikat ini solusinya gimana ya kak ? persyaratannya saya terhalang disitu kak ! terima kasih
wassalamuallaikum
Halo kak,
DeleteTerima kasih telah berkomentar di blog ini.
Untuk sertifkat, silakan melampirkan sesuai yang kakak miliki. Sebagai saran silakan kakak bertanya langsung kepada Cp. yang telah disediakan. Juga jika belum konfirmasi keikutsertaan lebih baik konfirmasi terlebih dahulu, dikarenakan ada grup khusus untuk calon peserta, sehingga memudahkan untuk tanya jawab disana.
Terima kasih